MAKALAH LAPORAN SELEKSI OSIS



KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu‘alaikum wr. Wb.
Alhamdulillah segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Laporan ini.
Dalam penyusunan laporan  ini saya banyak mendapat saran, dorongan, bimbingan serta keterangan-keterangan dari berbagai pihak yang merupakan pengalaman yang tidak dapat diukur secara materi, namun dapat membukakan mata saya bahwa sesungguhnya pengalaman dan pengetahuan tersebut adalah guru yang terbaik bagi penulis. Oleh karena itu dengan segala hormat dan kerendahan hati perkenankanlah saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.
Dalam penyusunan laporan ini, saya menyadari masih terdapat banyak kekurangan yang dibuat baik sengaja maupun tidak sengaja, dikarenakan keterbatasan ilmu pengetahuan dan wawasan serta pengalaman yang saya miliki. Untuk itu saya mohon maaf atas segala kekurangan tersebut tidak menutup diri terhadap segala saran dan kritik serta masukan yang bersifat kontruktif bagi diri saya.
Akhir kata semoga dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, institusi pendidikan dan masyarakat luas. Amin!

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR      ………………………………………………..…. i
DAFTAR ISI  …………………………………………..…………………… ii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                   
A.    Latar Belakang OSIS      …………………………………………………..1
B.     Tujuan Kegiatan …………………………………………………………….1
BAB II KEGIATAN
A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan   …………………………………………2
B.     Kegiatan yang dilakukan      ………………………………………………3
BAB III PENUTUP                                                                                                             
A.    Kesimpulan      …………………………………………………………….4
B.     Saran           ………………………………………………………………..4










BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
untuk melahirkan seorang pemimpin yang berdedikasi tinggi, tahu serta cepat tanggapterhadap tiap-tiap persoalan yang timbul, tidaklah mudah, dikarenakan mereka bukan sekedar dituntutmemiliki kecerdasan serta kecakapan, namun juga mesti mempunyai jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab yang besar, bisa jadi panutan serta mengayomi pada penduduk yang dipimpinnya. Demikianlah juga dengan pengurus organisasi siswa intra sekolah ( osis ) smk 1 Kotabaru Ini sudah habis periode jabatannya serta mesti diganti dengan epengurusan yang baru. Untuk membuahkan pemimpin yeng sesuai dengan harapan tersebut diatas, maka digunakanlah suatu mekanisme penentuan pemimpin yang demokratis serta legitimit hingga bisa di terima oleh semua anggotanya.

B.     Tujuan Kegiatan
1.      Mendidik dan mengenalkan para siswa tentang  pemilihan pemimpin yang demokratis  dalam organisasi 
2.      Melatih sikap menghormati orang lain dan sikap tenggang rasa atas segala perbedaan terhadap sesama teman
3.      Melatih, mendidik dan memberikan pemahaman dasar kepada  siswa tentang organisasi
4.      Melatih mental, kecakapan dan membentuk sikap seorang pemimpin bagi siswa dalam menyampaikan ide gagasan
5.      Membentuk sikap mental siswa yang bertanggungjawab
6.      Membangun sikap gotong royong dan bekerja sama dalam menjalankan tugas yang telah menjadi tanggung jawab bersama
7.      Melatih siswa bersikap kreatif dan aktif dalam menjalan tugasnya


BAB II
KEGIATAN

A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari                 :     Jum’at – Sabtu
Tanggal           :     15 Juli 2016 – 23 Juli 2016
Pukul               :     16.00 WIB
Tempat            :     Ruang kelas XII AP 3 dan X AP 2

B.     Kegiatan yang Dilakukan
1.      Pelatihan baris berbaris (PBB), dilakukan di depan kelas XII AP 2, pukul 04.00 sore dan setelah itu berkumpul di dalam ruang kelas XIII AP 3, di ruangan tersebut kakak Pembina OSIS memberikan materi atau  pengarahan tentang hal yang harus dilakukan  dalam kegiatan seleksi OSIS tersebut. Seperti jabatan yang saya inginkan adalah  anggota pramuka, olahraga, dan PBB. Setelah itu, kakak Pembina memberikan tugas yaitu membuat papan nama berukuran panjang 20 cm dan lebar 5 cm dan harus disertakan :
-          Nama Lengkap
-          Nama Panggilan
-          Jabatan yang diinginkan
-          Visi
-          Misi
Dan akan dipresentasikan.

2.      Berkumpul kembali untuk mempresentasikan visi dan misi masing-masing diruang kelas XII AP3, dan setelah presentasi kakak Pembina memerintahkan membawa barang bekas untuk hari seleksi OSIS selanjutnya berupa :
-          Kertas Bekas
-          Kardus
-          Lem
-          Gunting dan lain-lain

3.      Diruang kelas X AP 2, calon OSIS akan dibagi kelompok yang terdiri dari 2 orang saling berdiskusi tentang prakarya apa yang akan mereka buat. Karya tersebut akan dipresentasikan oleh tiap-tiap kelompok. Kelompok kami berdua membuat tempat pensil yang kami beri nama “Botol Pensil”.

4.      Kami berkumpul kembali untuk seleksi terakhir. Kami duduk diruang kelas X AP 2 sambil menunggu giliran untuk tes wawancara. Kami dipersilahkan untuk mengemukakan pendapat atau saran terhadap sekolah SMKN 1 Kotabaru. Setelah selesai seleksi ditutup dengan saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan.


























BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Demikian laporan kegiatan seleksi OSIS SMKN 1 Kotabaru. Sesungguhnya banyak sekali peluang bagi saya untuk lebih berbuat banyak, yang belum termanfaatkan, karena keterbatasan kemampuan sering kali tidak sanggup menciptakan peluang untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itu, saya. memohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang telah saya perbuat dalam mengemban tugas dan amanat. 
Dengan penuh ikhlas dan dengan kesadaran tinggi tugas ini saya selesaikan maka dengan perasaan yang tulus juga pada kesempatan kali ini tugas ini saya selesaikan sembari berserah diri dan memohon maghfirah-Nya atas semua kerja yang saya lakukan.

B.     Saran
Kegiatan seleksi osis ini menurut saya sudah bagus untuk menyeleksi dengan tahap-tahap yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Saya harapkan semoga kegiatan seleksi tahun depan akan lebih bagus lagi.



Comments

Popular posts from this blog

KUMPULAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA INGGRIS

soal sejarah kelas 11 semester 1

CONTOH DOKUMEN LITERAL DAN KORPORIL