KLIPING MESIN JAHIT



1. MesinJahit Manual
Awalnyamesinjahitinihanyadapatdimanfaatkanuntukmenjahitjahitanrantai.Disatusisijahitanrantaimemangmudahlepassehinggakurangbagusuntukmenjagakeawtanpakaian.Namunpenjahittidakkehabisanakal, disinimerekamembuatjahitankuncidenganmenggunakanduabenang yang sejajar.Akhirnyamesinjahit manual inipunbisadigunakanuntukmenjahitjahitandekoratifdan zigzag.Merk yang terkenaladalah Butterfly dan Singer.


2. MesinJahitKomputer/otomatis
Dari segicarapengoperasiannya, mesinjahitkomputermerupakanmesinjahit yang paling canggihdarisemuajenismesinjahit yang adasaatini.Digerakkanolehtenagalistriksepertihalnyamesinjahitlistrik, namunmesinjahitkomputermemilikimikroprosesor. Dimanamikroprosesorinimemungkinkanmesinjahitkomputeruntukmembuatpola, baikberupajahitandekorasimaupunbordir.Mesinjahitkomputerinibekerjasecaraotomatissesuaidenganpola yang telahdibuat di komputerdanakanberhentisecaraotomatisbilaterjadipergantianwarna.
3. MesinJahit Semi Otomatis
                            

·                Fungsi      : Selainuntuksetikkanlurusdapatdigunakanuntuksetikkanhias, lubangkancing, pasangkancing ,dansebagainyatergantungtipemesin

·                Cara kerja        : Denganmenginjakkan kaki keinjakkan kaki yang menggunakan motor listrik. Pembuatanberbagaimacamsetikkanhiasanmemerlukanperalatan( cam ) lain yang sesuaidengan motif, camnyaharusdigantibilainginmembuathiasan yang berbedasesuai motif.



4. Mesinjahitobras (overlock sewing)
Fungsimesinobrasmutiarapratamakonveksi
Mesinobrassatauoverlock sewing sesuainamanyamesininiberfungsiuntukmenguncidanmemotong. Artinyamesininiberfungsiuntukmembuatjahitantepikain agar tidakmudahberserabutdankemudianrusak, mesininidilengkapipisaupemotonguntukmemotongtepian yang kemungkinantidakterbungkusolehjahitanobrasjaditerlihatlebihlurusdanrapi.
Macam-macammesinobrasberdasarpenggunaan
1.Mesinobrasbenang 3 biasanyauntukmengobraskemejasetelah di jahit
2.Mesinobrasbenang 4 biasanya di gunakanuntukkaos. Kaostidakmenggunakanmesin stich cukupdenganobrasbenang 4
3.Mesinobrasbenang 5 biasanyadigunakanuntukpembuatancelanadankemeja.
5 mesinjahit industry

1. MesinJahit Single Needle (Jarum 1)
Add caption
 Mesinjahit single stitch merupakanmesinjahit yang paling umumdipakai.Mesinjahitinidipakaiuntuksegalajenispakaian yang membutuhkanjahitan 1 jarumsaja, sepertiuntukmenjahitkerahkemeja, jahitandasar, dll.Mesininimenghasilkanjahitandengantipejeratankunci (lockstitch).




2. MesinJahit Double Needle (Jarum 2)
Mesinjahit double needle (Jarum 2) inibiasanyadiperlukanuntukmenjahitcelanaataukemejaberupajahitan double stittch.Fungsidarimesinjarum 2 digunakanuntukmemperkuatjahitandanuntuklebihmempercantiktampilanjahitan, karenapolajahitannya yang rapihdansejajarantarasatujahitandenganjahitan yang lain.

Jenismesinjahitjarum 2 adaduajenis, mesinjarum 2 manual danmesinjarum 2 otomatis.Yang membedakankeduanyaadalahmesinjarum 2 otomatisterdapatfungsiuntukmenggunakansatujarumsaja, sedangkanuntukmesinjarum 2 manual tidak.





3. MesinObras (Overlock)

Mesinobrasmerupakanmesinuntukmembuatjahitantepi yang berfungsisebagaipengaman agar kain/bahantidakmudahterurai.Mesinobrasinidilengkapidenganpisaupemotongkain, sehinggajahitantepinyaterlihatlebihrapi. Ada beberapajenismesinobras:
  • Mesinobrasbenang 3, biasanyadigunakanuntuktepiankemeja
  • Mesinobrasbenang 4, biasanyadigunakanuntukkaos
  • Mesinobrasbenang 5, biasanyadigunakanuntuk jeans dancelana







4. Mesinjahitlubangkancing
digunakanuntukmembuatlubangkancingsekaligusmemotongsisabenang yang tersisadari proses tersebut. Mesininimemilikiharga yang paling mahaldiantaramesinjahitpakaianjadilainnyadikarenakankerumitanmesintersebutdankesempurnaanhasilkerjanya.
Denganmenggunakanmesinjahit multi fungsi, pekerjaanpenjahitmenjadilebihmudahdanpraktissertahasiljahitannyamenjadilebihrapi.Mesininidapatmenggantikanbeberapafungsimesinkonveksi yang laindiantaranyamemasanglubangkancing, memasangkancing, menjahitlipatanpergelangan kaki, menjahitbiasa, menjahitvariasisampaifungsibordir manual. Kelemahanmesininiterletakpadadinamonya yang kecilsehinggamembutuhkanwaktu yang lebih lama untuk proses dibandingkandenganmesinjahitindustrilainnya. Mesinjahit multi fungsisudahtersedia di pasaran, adabeberapamerkdan type silakandipilih yang paling cocokdengankebutuhandankemampuankeuangananda.
5. mesinneci / rolsom


cocokuntukjahitanpinggirankerudung, seprei, sarungbantal, bisadipasangbenangkenuruntukgaun bridal atausejenisnya 







6. MesinJahitKelim
Kelimataukelimanmerupakan proses finishing jahitan yang digunakanuntukmerapikankain di bagianbawah (bagiantepi), bisadengancaramelipat, menggunakanobras, jahitandenganpotonganzigzag, ataupundenganbantuan bias tape (bisban), danrenda-renda. Lebarkelimbervariasisesuaidengan model sertajenisbagianbusana yang akan di kelimdantergantungdaripenempatannya. Kelimrokbiasanyalebarkelimantara 3–5 cm, kelimblusbiasanyalebarkelimantara 2–4 cm. kelimlenganbiasanyalebarkelimantara 3–4 cm. Untukgorden agar lebihseimbanglebarkelim 5 sampai 7 cm danadajuga yang lebihlebardariitu, yang pentingadakeseimbanganantaralebar, panjangatautinggigordentersebut. Penyelesaiankelimdikerjakansetelahbusanaselesaidijahit.Kelimsebaiknyadijelujurdandisetrikalebihdahulusebelumdiselesaikandengantusuksomatautusukflanel.Kelimdapatdilakukandengantangandandenganmesin.Untukhasil yang lebihindahdanbaguskelimdapatdikerjakandengantangan.

JENIS MESIN JAHIT DAN KEGUNAANNYA

Comments

Popular posts from this blog

KUMPULAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA INGGRIS

soal sejarah kelas 11 semester 1

CONTOH DOKUMEN LITERAL DAN KORPORIL