makalah mesin penjawab telepon



KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kepada Allah swt.karena atas berkat dan rahmatnya kami berhasil menyelesaikan penulisan makalah tentang Mesin penjawab Telepon sebagai alat teknologi komunikasi. Semoga makalah ini dapat memberikan pencerahan tentang teknologi komunikasi, bagi siswa-siswa.


Perkembangan teknologi, khususnya Answering machine yang pesat telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia dalam bidang komunikasi.Pada makalah ini, 

Penulis sadar bahwa buku ini masih sangat jauh dari kesempurnaan oleh karena itu penulis sangat membutuhkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini.Penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semia. AmiiinZ




 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


DAFTAR  ISI
 
KATA PENGANTAR      …………………………………………………………………i
DAFTAR ISI                  …………………………………………………………………..ii                                                                                                                                                                                                                                                                           ……………………………………………….                                                                                                                                                                                                                                  
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang          ………………………………………………………………………1
Rumusan Masalah            ………………………………………………………………….1
BAB II PEMBAHASAN
Pengertian Mesin Penjawab Telepon          ………………………………………………..2
Sejarah Mesin Penjawab Telepon         ……………………………………………………3
Jenis Mesin Penjawab Telepon           ……………………………………………………..3
Cara kerja Mesin Penjawab Telepon         …………………………………………………4
Kelebihan dan kelemahan Mesin Penjawab Telepon    ……………………………………5
Cara Merekam Mesin Penjawab Telepon        ……………………………………………..5
Simulasi Mesin Penjawab Telepon            …………………………………………………6
BAB III PENUTUP
Kesimpulan               ………………………………………………………………………7
Saran               ……………………………………………………………………………..7



 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Di negara maju, mesin penjawab telepon (telephone answering machine) sudah merupakan kebutuhan bagi pemilik  telepon. Namun di dalam negeri, perangkat ini masih tergolong barang mewah dan kurang familiar.Meskipun peranan komunikasi banyak bergeser dari telepon rumah ke telepon seluler, namun tetap saja telepon rumah menjadi komunikasi utama bagi pengguna tetap seperti rumah dan perkantoran.  Fasilitas telepon memo sebagai mesin penjawab yang berbasis terpusat di sentral, masih relatif mahal dan kurang disukai pelanggan, sehingga mesin 
penjawab telepon masih memiliki kecendrungan dibutuhkan. Mesin penjawab telepon di pasaran menggunakan pita magnetik maupun memori terintegrasi sebagai perekam.Memiliki kapasitas penyimpanan pesan yang cukup besar.Namun demikian, mesin-mesin tersebut merupakan produk impor dan kurang diketahui detail rangkaiannya.Tulisan ini bertujuan untuk membahas desain mesin penjawab dan penyimpan pesan dengan menggunakan komponen memori terintegrasi.Dengan tulisan ini diharapkan dapat memicu usaha desain yang lebih baik mengarah ke swasembada elektronika.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apakah mesin penjawab telepon itu?
2.      Bagaimana cara kerja mesin penjawab telepon?
3.      Apa kelemahan dan kelebihan Mesin Penjawab Telepon?









BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian
Mesin penjawab telepon ialah sebuah alat yang dicantelkan ke sebuah telepon. Jika telepon tak menjawab setelah berbunyi beberapa kali, mesin penjawab telepon akan mengirim pesan ke penelepon. Penelepon dapat meninggalkan pesan (setelah suara tit).Mesin penjawab telepon berbeda dengan voicemail, yang berpokoq pada jaringan. Mesin penjawab telepon dipasang di rumah (atau di kantor).
Awalnya, mesin penjawab telepon menggunakan tape (versi kaset audio yang lebih kecil).Sekarang, sebagian besar sistem menggunakan RAM untuk menyimpan pesan dan teks prarekam.Banyak sistem yang memungkinkan mendengarkan pesan yang ditinggalkan dengan bersuara di mesin penjawab. Mesin penjawab juga memiliki sistem penghemat harga: jika tiada pesan, bunyi telepon akan lebih sedikit.
Penambahan suatu alat yang mempunyai fungsi sebagai answering machine akan membantu mengatasi masalah telepon yang tidak diterima. Answering machine yang ada biasanya tidak dilengkapi dengan memori untuk nomor telepon.Fungsi memori ini seperti fungsi memori pada beberapa pesawat telepon adalah untuk men-dial nomor telepon tertentu dengan hanya menekan satu tombol.
Pengembangan lebih lanjut dari fungsi memori ini adalah fasilitas memori ini dapat diakses dari sinyal luar. Sinyal luar ini dapat berasal misalnya dari sensor sistem pencegah kebakaran sehingga apabila terjadi kebakaran, nomor telepon tertentu akan dihubungi secara otomatis.
Alat Answering Machine untuk Telepon dengan Fasilitas Automatic Dial yang dirancang mampu melakukan fungsi automatic dial jika mendapat sinyal trigger. Fungsi lain dari alat ini adalah sebagai penerima telepon otomatis yang mempunyai keluaran audio untuk dihubungkan ke alat rekam konvensional ataupun direkam dengan PC. Untuk memudahkan pemakai dipilih parallel port sebagai sarana komunikasi antara PC dan alat Answering Machine untuk Telepon dengan Fasilitas Automatic Dial.
Telepon penjawab akan menjawab setiap yang masuk. jika alat ini dipasang pada pesawat telepon maka secara otomatis setiap telepon yang masuk dapat direkam dan dijawab walaupun kita tidak ada di tempat. Fungsi alat ini adalah mengatasi kesibukan seorang pemimpin sehingga pekerjaan tetap dilakukan secara efektif dan efisien.

2.2. Sejarah kemunculan Mesin Penjawab Telephone
Mesin ini diciptakan pertama kali ditahun 1904.Mesin yang juga disebut answering machine ini terus dikembangkan karena banyak yang mencarinya.Mesin ini dapat memberikan kemudahan terlebih lagi di dunia bisinis.Terlebih lagi suatu informasi pada dunia bisnis artinya merupakan suatu peluang untuk suatu proyek yang besar.Mesin ini dapat menerima dan dapat merekam pesan melalui telepon disaat orang yang ditelepon tidak dapat dihubungi.Selain itu, mesin ini juga dapat mempermudah penerima telepon untuk menyaring penelepon yang masuk.
Answering Machine: Adalah mesin penjawab panggilan telepon rumah yang pertama kali ditemukan di Swedia tahun 1950, ketika itu perlu waktu tiga hari untuk memasang alat ini. Serupa dengan layanan pionir Answer Call dari operator Bell Atlantic, Amerika Serikat, mesin ini berfungsi menjawab telepon yang masuk ketika kita sedang tidak di rumah. Sebelum menjawab, kita bisa merekam dulu salam kita kepada penelepon sebelum meminta penelepon meninggalkan pesan untuk ditinggalkan.
2.3  Jenis
Mesin ini mempunyai jenis yang sangat beragam. Anda dapat melihat format untuk media penyimpanan yang akan digunakan. Penyimpanan dapat dilakukan dengan kaset kecil untuk media penyimpanan pesan suara. Tentunya media penyimpanan ini memiliki batas dalam segi ketahanan karena pitanya nantinya selalu diputar-balik, rekaman juga berulang kali akan dihapus, dan kapasitas penyimpanan juga sangat terbatas. Maka dari itu teknologi terus berkembang.Kini teknologi digital sudah digunakan guna merekam pesan.Apalagi pesan tersebut dalam kapasitas yang besar.

-          Manual Answering Machine

-          Automatic Answering Machine

-          Digital Answering Machine



Digital Answering Machine adalah sebuah mesin digital yang berfungsi sebagai penjawab telepon rumah/ kantor secara otomatis yang bisa menyimpan 4 pilihan pesan anda saat orang tidak bisa menghubungi anda ( karena anda keluar rumah/ kantor dan alasan tidak ingin menjawab telepon) . Penelepon akan menyimpan pesan suara mereka dalam mesin perekam suara yang ada di alat ini ( bisa menampung 40 menit pesan suara masuk) . Alat ini sangat cocok bagi anda yang sering meninggalkan rumah/ kantor dan tidak ingin kehilangan informasi ( dari si penelepon) yang masuk ke telepon anda.
2.4  Cara kerja
Cara kerja penggunaan alat ini, yaitu jika hendak meninggalkan ruangan tekanlah terlebih dahulu tombol play dan rec, dengan demikian secara otomatis alat ini akan merekam. inilah yang disebut dengan telepon penjawab ( telephone answering machine ), yaitu suatu alat yang dapat merekam setiap berita yang diterima.
Jika dalam waktu tertentu telepon berbunyi dan tidak segera diangkat, mesin tersebut akan bekerja secara otomatis. Setelah itu penelepon dimita untuk meninggalkan pesannya.
Demikianlah beberapa hal mengenai mesin penjawab telepon.Dengan begitu anda tentunya dapat mengetahui lebih lanjut mengenai mesin ini.Jadi anda tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan mesin ini guna mempermudah pekerjaan anda.
2.5  Kelebihan dan Kelemahan mesin penjawab telepon
a. kelebihannya   :
-          Dapat merekam atau menjawab setiap pembicaraan dari luar
-          Dapat merekam dari dua arah
-          Orang lain dapat mendengarkan hasil pembicaraan
-          Dapat memanggil dimana saja berada

b. Kelemahannya  :
Salah atu kelemahan mesin penjawab telepon terletak pada kemampuannya dalam merekam hanya lima   menit sekali

2.6  CaraMerekam pada mesin penjawab

1.      Hubungkan mesin penjawab ke telepon Anda. Ada dua jenis penjawab otomatis: built-in dan terpisah. Mereka sama-sama tentang mudah dioperasikan.Satu-satunya kelemahan dari mesin penjawab individu adalah kebutuhan untuk menggunakan kabel telepon tambahan untuk beralih.Kedua kelompok respons otomatis juga dapat dibagi 2: digital dan analog. Analog, mereka adalah cluster yang sama, di masa lalu, hampir sepenuhnya ditekan rekan-rekan digital mereka, yang jauh lebih nyaman untuk digunakan.
2.      Nyalakan mesin penjawab ke pasokan listrik, kemudian menghubungkannya ke jaringan telepon, dan memiliki kawat dari telepon. Dalam kasus built-in mesin penjawab jauh lebih mudah.Karena dibangun ke telepon, Anda hanya perlu satu kabel telepon. Untuk merekam pesan ucapan pada mesin penjawab, lakukan langkah berikut.
3.      Putuskan dengan pesan teks dipersilahkan untuk merekam pada mesin penjawab. Ini harus pendek dan sangat jelas.Kita harus memahami siapa dia menelepon dan bahwa saat ini ia tidak berbicara dengan pemilik, dan mendengar suaranya direkam. Jika Anda memiliki pesan suara analog, tekan Rec, untuk mulai merekam.
4.      Jika Anda menggunakan model digital dari mesin penjawab, kemudian pergi ke menu utama dan pilih "Simpan pesan". Teks Nadiktuyte, simpan, mendengarkan.Jika tidak sesuai dengan Anda, menulis ulang, kemudian simpan perubahan. Sekarang, setiap penelepon yang orang, jika tidak menemukan Anda di rumah, akan mendengarkan pesan ini.
5.      Lakukan hal berikut jika Anda ingin meninggalkan pesan di mesin penjawab pihak lain. Ketikkan nomor telepon, mendengarkan pesan selamat datang. Sebagai aturan, seharusnya tidak berlangsung lama (tidak lebih dari 10-15 detik), dan kemudian menunggu suara. Tinggalkan pesan dan menutup telepon.
2.7  Simulasi mesin penjawab telepon dengan bahasa natural untuk melakukan dialog
Mesin penjawab telepon digunakan ketika pemilik pesawat telepon sedang tidak berada di tempat.Mesin tersebut telah diisi dengan rekaman suara pemilik pesawat telepon, yang mengatakan bahwa "Pemilik pesawat telepon sedang tidak berada di tempat, harap meninggalkan pesan setelah bunyi bip".Pemilik pesawat telepon dapat memutar kaset perekam untuk mengetahui pesan-pesan yang ditinggalkan penelepon.Mesin penjawab telepon tersebut dapat menginformasikan bahwa pemilik pesawat telepon sedang tidak berada di tempat.Selain itu mesin penjawab telepon dapat menyimpan pesan.Tetapi mesin penjawab telepon tersebut memiliki keterbatasan. Keterbatasannya adalah sistem tidak dapat melakukan dialog tanya jawab dengan penelepon. Karena keterbatasan mesin penjawab telepon sesuai dengan yang dijelaskan di atas maka penulis ingin membuat suatu perangkat lunak yang dapat mensimulasikan mesin penjawab telepon. Perangkat lunak yang dibuat akan melakukan tanya jawab dengan penelepon. Perangkat lunak tersebut diutamakan untuk mesin penjawab telepon pribadi. Input berupa teks melalui keyboard dan output berupa teks melalui monitor dan berupa suara melalui speaker. Kalimat yang diinputkan harus berupa kalimat kalimat pertanyaan yang tunggal.Setiap pertanyaan yang diajukan tidak memiliki hubungan dengan pertanyaan sebelum atau sesudahnya.Perangkat lunak tidak dapat mengenali tanda baca.Sedangkan untuk melakukan penyimpanan nama penelepon, penulisan diawali dan diakhiri tanda" ' ".Dalam pengembangan perangkat lunak tersebut, penulis menggunakan metode bahasa natural dan kompilasi. Dengan metode tersebut perangkat lunak dapat mengeluarkan jawaban untuk input yang valid dan tidak valid. Dari hasil tanya jawab dengan beberapa sumber, penulis dapat mengetahui kala dan kalimat yang digunakan menelepon. Kata dan kalimat tersebut akan digunakan untuk membuat grammar dan semantic action. Mesin penjawab telepon harus memiliki fasilitas untuk menyimpan pesan, dari siapa pesan tersebut dan waktu penelepon meninggalkan pesan.Sebagai kesimpulan, kemampuan simulasi mesin penjawab telepon ini bergantung pada beberapa hal.Pertama, pada jumlah kata, semakin banyak kata yang terdapat dalam kamus program semakin banyak pula kala yang dapat diterima oleh sistem untuk dikenali jenisnya.Kedua, semakin banyak rule yang dipakai dalam grammar semakin luas kemampuan sistem untuk mengenali kalimat yang diinputkan. Terakhir, semakin banyak semantic action dari grammar yang diterima akan semakin banyak pula knowledge yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan. Diharapkan untuk pengembangan lebih lanjut dapat mengenali input berupa suara. Dan dapat digunakan pada mesin penjawab telepon yang sesungguhnya.




BAB III
PENUTUP

3.1.    Simpulan
Mesin penjawab telepon ialah sebuah alat yang dicantelkan ke sebuah telepon.Telepon penjawab akan menjawab setiap yang masuk. jika alat ini dipasang pada pesawat telepon maka secara otomatis setiap telepon yang masuk dapat direkam dan dijawab walaupun kita tidak ada di tempat. Fungsi alat ini adalah mengatasi kesibukan seorang pemimpin sehingga pekerjaan tetap dilakukan secara efektif dan efisien.

3.2.     Saran
Demikianlah makalah yang saya buat, dengan bekal pengetahuan dasar tentang hal-hal yang saya sampaikan, diharapkan pembaca dapat mengerti secara intens pada pembahasan yang dibicarakan. Namun saya sebagai penyusun makalah ini menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah ini, maka kami harapkan kritik dan sarannya yang bersifat membangun dari pembaca guna untuk perbaikan makalah yang akan datang. Saya juga berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Comments

Popular posts from this blog

KUMPULAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA INGGRIS

soal sejarah kelas 11 semester 1

CONTOH DOKUMEN LITERAL DAN KORPORIL