HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

TUGAS RESUME

Mata Kuliah Metodologi Penelitian


 

 

Disusun Oleh :

 


NIM. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Hakikat Penelitian Tindakan Kelas

1.      Pengertian Tindakan Kelas

Dikemukakan Hopkins yang dikutip oleh Kumandar menyatakan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan untuk membantu seseorang dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dengan kerja sama dalam kerangka etika yang disepakati bersama. PTK juga diartikan sebagai suatu penelitian yang dilakukan secara reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai tindakan di dalam kelas.

 

2. Tujuan Tindakan Kelas

Suatu kegiatan yang dilakukan melalui suatu perencanaan dan tindakan yang teratur pasti memiliki tujuan yang jelas, begitu juga PTK memiliki beberapa tujuan yang diharapkan dapat tercapai, diantaranya adalah sebagai berikut :

1)      Meningkatkan kualitas pembelajaran bukan untuk menghasilkan pengetahuan.

2)      Dapat memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di kelas yang terkait interaksi antara guru dan murid.

3)  Meningkatkan kualitas praktik pembelajaran di kelas secara terus menerus.

4)  Meningkatkan sikap profesional pendidik.

5)  Meningkatkan relevansi pendidikan.

6)  Meningkatkan mutu pendidikan.

7)  Meningkatkan efisiensi pengelolaan pendidikan.

 

3. Manfaat Tindakan Kelas

Secara umum manfaat PTK dapat dibedakan menjadi dua, diantaranya adalah :

a. Manfaat bagi guru

1) Membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran.

2) Meningkatkan profesionalitas guru.

3) Meningkatkan rasa percaya diri guru.

4) Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.

5) Menambah budaya meneliti di kalangan guru.

6) Guru akan selalu mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

b. Manfaat Bagi Pihak Lain

Selain bermanfaat bagi guru, PTK juga memiliki banyak manfaat bagi pihak-pihak yang lain terutama yang menyangkut masalah pendidikan. Beberapa manfaat PTK bagi pihak-pihak yang lain diantaranya adalah :

1) Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

2) Menambah khasanah dalam ilmu pendidikan.

3) Memberikan pengaruh positif bagi pencapaian hasil belajar siswa.

4) Membantu pihak sekolah yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pendidikan.

5) Membantu pengembangan kurikulum di tingkat sekolah.

 

4. Prinsip Tindakan Kelas

Mengingat bahwa PTK merupakan kegiatan ilmiah yang hasilnya harus dapat dipertanggung jawabkan maka segala aktivitasnya harus berdasarkan pada prinsip PTK diantaranya adalah :

a. Tidak boleh mengganggu kegiatan belajar mengingat PTK dilaksanakan di lingkungan sekolah.

b. Metodologinya tepat dan terpercaya.

c. Masalah yang dikaji benar-benar ada dan dihadapi oleh guru.

d. Memegang etika kerja, seperti minta ijin dan membuat laporan.

e. Bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

f. Hendaknya permasalahannya sederhana, jelas dan tajam.

g. Dilakukan dalam lingkungan pembelajaran yang alamiah.

h. Adanya inisiatif dari guru untuk memperbaiki proses pembelajaran.

 

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas

secara umum PTK memiliki karakteristik sebagai berikut :

1)      PTK dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek pendidikan.

2)      Sifatnya kolaboratif.

3) Masalah yang dikaji bersifat praktis.

4) Tanggung jawab pelaksanaan dan hasil penelitian ada pada guru sebagai praktisi, mengingat bahwa guru merupakan perencana dan pelaksana kegiatan dalam penelitian.

5) Dilaksanakan sesuai program pembelajaran.

6) Guru merasa bahwa ada permasalahan yang mendesak untuk diselesaikan di kelasnya.

7) Merupakan kegiatan refleksi diri.

8) Dilakukan di dalam “kelas” dan perhatian difokuskan terhadap kegiatan pembelajaran.

 

 

Teknik analisa data dalam Penelitian Tindakan Kelas

1. Menghitung Rata-rata

Data yang telah diperoleh melalui tes kemudian dianalisis dengan menghitung rata-rata nilai siswa. Untuk menghitung rata-rata digunakan rumus

2. Menghitung Ketuntasan Belajar Klasikal

    Ketuntasan Belajar Klasikal dapat ditentukan dengan menggunakan analisis deskriptif presentase dengan perhitungan sebagai berikut

 

Kelebihan dan Kelemahan Penelitian Tindakan Kelas

Beberapa kelebihan PTK diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Tidak hanya dilakukan oleh satu orang akan tetapi melibatkan berbagai pihak.

b. Kesimpulan yang diperoleh berasal dari semua pihak yang terkait.

c. Hasil penelitian dapat langsung diterapkan.

d. Bersifat fleksibel dan adaptif.

e. Dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum tingkah kelas.

f. Dapat meningkatkan profesionalisme guru.

Beberapa kekurangan PTK diantaranya adalah :

  1. Keterbatasan peneliti/guru sehingga pelaksanaan PTK tidak secara otomatis dapat dilakukan. Hal ini akan mudah teratasi jika para guru yang akan melaksanakan penelitian mau dan berusaha untuk belajar agar dapat melaksanakan PTK secara baik dan benar.
  2. Kesimpulan yang dihasilkan tidak bersifat universal. Hal ini terjadi karena PTK berawal dari masalah praktis sehingga tujuan utamanya menyelesaikan permasalahan yang ada.
  3. Banyak orang yang meragukannya karena bersifat situasional dan kadang tidak menerapkan prinsip metode ilmiah secara ajak.

Contoh Penelitian Tindakan Kelas

Berikut beberapa contoh Penelitian tindakan kelas :

  1. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar pada kelas VII Siswa Tuna Rungu di SLB-B YPPLB Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009
  2. Penggunaan Modifikasi Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Kecepatan Menghitung Dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Anak Tunanetra Kelas IV di SLBN Gedangan Sidoarjo

3.      Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dengan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Bagi Anak Tuna Grahita Kelas VII di SLB Putra Pertiwi Kebumen Tahun 2009

 

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH DOKUMEN LITERAL DAN KORPORIL

SOAL ULANGAN MI FIKIH DAN AKIDAH AKHLAK KELAS 2 SAMPAI 6

KUMPULAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA INGGRIS