PROPOSAL KRIPIK SUKUN

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

 

JUDUL PROPOSAL : KRIPIK SUKUN

NAMA SISWA                      : DARMANSYAH

KELAS/JURUSAN               : XII PEMASARAN

 

DIGUNAKAN SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN KOMPETENSI PRODUKTIF JURUSAN PEMASARAN.

Proposal ini telah disetujui dan disahkan pada :

 

                                                                         Hari                :Senin

Tanggal           :8 April 2019

 

 

 

Kepala Program Keahlian Pemasaran                                         Pembimbing

                                                                                   

 

 

 

 

Drs. Sri Nurdiana, S.Pd                                                    DiyahSafitri, SE          

Nip. 196605031995122004                                             Nip.197609242009032001

 

 

 

Mengetahui:

Kepala SMK Negeri 1 Kotabaru

 

 

 

 

 

 

Drs. Sugiyatno, M.Si

Nip. 196207201987031013

 

 

 

 

 

 

 KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu kesempatan untuk menyelesaikan tugas penulisan proposal tentang “Proposal Usaha Kripik Sukun.”

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu

Selain itu saya juga sadar bahwa pada proposal ini dapat ditemukan banyak sekali kekurangan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, saya benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya, sebab sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif.

Di akhir saya berharap proposal sederhana ini dapat dimengerti oleh setiap pihak yang membaca. saya pun memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam proposal kami terdapat perkataan yang tidak berkenan di hati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN         ………………………………………………….i

KATA PENGANTAR           ……………………………………………………..ii

DAFTAR ISI             ……………………………………………………………..iii

LATAR BELAKANG         ………………………………………………………1

TUJUAN          ……………………………………………………………………1

PELUANG BISNIS        ………………………………………………………….1

NAMA USAHA         …………………………………………………………….2

RENCANA LOKASI USAHA              ………………………………………….2

TARGET PELANGGAN          …………………………………………………..2

ANALISIS PEMASARAN PRODUK              ………………………………….2

ANALISIS SWOT              ……………………………………………………….2

MEMULAI USAHA       …………………………………………………………3

PENUTUP      ……………………………………………………………………..5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.    Latar Belakang

 

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/ skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan/ industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran.

 Sebagai manusia yang berpikir akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, penulis yang merupakan seoang mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan dan minuman yaitu bisnis kerupuk sukun Perkembangan zaman di era globalisasi seperti ini mendorong masyarakat Indonesia untuk menciptakan produk yang lebih inovatif. Hal ini yang mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang lebih inovatif dan unik.

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam- macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai yang mahal. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Makanan – makanan yang tersedia di pasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas indonesia, serta harga yang ditawarkan relativ mahal.

 

B.     TUJUAN

1.      Mencapai target penjualan dan mencari keuntungan

2.      Meningkatkan nilai jual sukun

3.      Memperkenalkan inovasi baru sukun kepada msyarakat

4.      Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal dengan inovasi yang baru

 

C.     Peluang Bisnis

Hampir semua orang suka makan kerupuk.Akan tetapi, kerupuk yang dijual oleh para pedagang  memiliki banyak kesamaan dengan pedagang yang lain yang dapat diteliti dari segi  rasa, model, cara pembuatan, bahkan resep yang sama. Untuk itu saya mencoba bisnis baru dengan membuat inovasi dan modifikasi baru yaitu kerupuk sukun yan dalam pembuatanya tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi sehingga memungkinkan bisnis tersebut bisa dijalankan.

 

 

 

D.     Nama Usaha

Usaha yang akan didiikan diberi nama “kerupuk sukun maknyuss ” dengan badan usaha berbentuk perseorangan.

 

E.     Rencana Lokasi Usaha

 

1.   Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai berikut :

·         Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.

·         Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.

2.   Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Pasar Temanggung,dengan pertimbangan sebagai berikut :

·         Sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah.

·         Di pasar tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.

 

F.      Target Pelanggan

Target pelanggan Kerupuk Sukun Maknyuss yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas.

 

G.     Analisa Pemasaran Produk

Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :

·      Strategi Harga

Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (cita rasa, ciri khas, dan pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.

·      Strategi Promosi

    Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.

·      Strategi Bisnis

1.      Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.

2.      Melakukan modifikasi penyajian dan rasa.

 

H.    Analisis SWOT:

1. Strength        :

a. Sedikit pesaing.

b. Modal untuk memulai usaha kecil.

c. Potensi usaha sangat besar di Pasar Temanggung

d. Respon masyarakat Temanggung yang positif terhadap Makanan.

 

2. Weekness    :                                    

a. Usaha terbilang baru.

b. Belum dikenal.

c. Jumlah tenaga pembantu terbatas.

 

3. Opportunity:

a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.

b. Harga yang lebih murah.

 

4. Threath        :

a. Timbul usaha yang sejenis.

b. Jaringan usaha yang belum luas.

c. Perhitungan pembelian bahan baku yang tidak tepat sehingga terjadi kelebihan atau kekurangan stok bahan  baku.

 

I.       Memulai  Usaha

Dalam memulai usaha ini ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ini, yaitu sebagai berikut:

  •  Keinginan meracik sendiri Kerupuk Sukun secara kreatif.
  • Memperbanyak wawasan tentang pembuatan kerupuk sukun
  • Melakukan survei terhadp pembeli yang mulai datang. Kemudian meminta masukan-masukan yang akan menunjang dan memajukan bisnis ini.
  • Memiliki jaringan pemasaran yang luas.

 

INVENTORY  CONTROL

PERENCANAAN ORDER PRODUK KERUPUK SUKUN SELAMA  1 MINGGU

 

NO

NAMA BAHAN

JUMLAH

/ HARI

MINGGU

BIAYA / HARI

BIAYA / MINGGU

1.

Pasta sukun

25 kg

175 kg

50.000

350.000

2.

Tepung tapioka

25 kg

175 kg

200.000

1.400.000

3.

Bawang putih

2 kg

14 kg

24.000

168.000

4.

Garam

2 wadah

14 wadah

3000

21.000

5.

Ketumbar

½ kg

7 kg

5000

35.000

6.

Penyedap

¼ kg

3.5 kg

5000

35.000

7.

Minyak goreng

10 kg

70 kg

100.000

700.000

8.

Plastik

18 bungkus

126 bungkus

54.000

378.000

9.

Gas

5

35

75.000

525.000

10.

Telur

1 kg

7 kg

16.000

112.000

11.

Tenaga kerja

20 orang

20 orang

50.000

350.000

Jumlah

572.000

4.040.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENUTUP

 

 

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah proposal ini. Kami berharap semoga usaha yang kami jalankan dapat berkembang, untuk itu kami membutuhkan bantuan dari investor.

Kami yakin dengan rencana ini usaha yang akan kami lakukan mampu memperoleh keuntungan besar.

Dan hal-hal yang belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum akan ditinjau kembali sebagai pengajuan dan sebagai bahan pertimbangan bagi investor.

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Comments

Popular posts from this blog

KUMPULAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA INGGRIS

soal sejarah kelas 11 semester 1

CONTOH DOKUMEN LITERAL DAN KORPORIL