PROPOSAL KUE KERING

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

 

JUDUL PROPOSAL : KUE KERING

NAMA SISWA                      : SYAIFUL RAHIM

KELAS/JURUSAN               : XII PEMASARAN

 

DIGUNAKAN SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN KOMPETENSI PRODUKTIF JURUSAN PEMASARAN.

Proposal ini telah disetujui dan disahkan pada :

 

                                                                         Hari                :Senin

Tanggal           :8 April 2019

 

 

 

Kepala Program Keahlian Pemasaran                                         Pembimbing

                                                                                   

 

 

 

 

Drs. Sri Nurdiana, S.Pd                                                    DiyahSafitri, SE          

Nip. 196605031995122004                                             Nip.197609242009032001

 

 

 

Mengetahui:

Kepala SMK Negeri 1 Kotabaru

 

 

 

 

 

 

Drs. Sugiyatno, M.Si

Nip. 196207201987031013

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Ucapan puji-puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami bersyukur, kami meminta ampunan dan kita meminta pertolongan.

Dengan hormat serta pertolongan-Nya, puji syukur, pada akhirnya saya  dapat menyelesaikan proposal  dengan judul “Produk Usaha Kue Kering” dengan lancar. saya pun menyadari dengan sepenuh hati bahwa tetap terdapat kekurangan pada proposal ini.

Oleh sebab itu, saya sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca untuk materi evaluasi saya mengenai penulisan proposal berikutnya. saya juga berharap hal tersebut mampu dijadikan cambuk untuk saya supaya kami lebih mengutamakan kualitas proposal di masa yang selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN                    …………………………………………..i

KATA PENGANTAR           ……………………………………………………..ii

DAFTAR ISI         ………………………………………………………………..iii

PROPOSAL USAHA         ……………………………………………………….1

A.    LATAR BELAKANG           ……………………………………………..1

B.     VISI             ……………………………………………………………….1

C.     MISI             ………………………………………………………………1

D.    ANALISIS PELUANG USAHA    ………………………………………2

E.     MARKETING MIX           ………………………………………………..3

F.      KESIMPULAN            ……………………………………………………5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROPOSAL USAHA

 

A.    Latar  Belakang

 

Dalam menjual sebuah bisnis hal yang perlu kita perhatikan secara seksama bahwa saat kita memulai sebuah rintisan usaha maka peluang pasar dan cara menggaet pelanggan atau penjual. Kita perlu ketahui juga dengan menyingkirkan adanya rasa malu, takut menghadapi kegagalan serta munculnya perang batin. Maka dari itu, kita perlu ingat dan jangan sampai terlupakan bahwa kita ini harus siap menghadapi segala resiko yang akan terjadi, dimana resiko bisnis itu seperti adanya keuntungan dan kerugian yang kita peroleh. Oleh karena itu, lebih baik mencoba tetapi gagal dibandingkan kita gagal dalam mencoba.

 

Pada konsep pemasaran ternyata ada banyak sekali bentuk beserta jenis keaneka ragaman makanan yang kecil hingga yang besar. Tak ketinggalan pula dari sisi harga yaitu mulai yang murah sampai yang mahal.

 

Salah satu makanan yang cukup banyak dijual, sekaligus makanan ringan yang cukup istimewa. Makanan itu bernama “KUE KERING”. Untuk membuat makanan ini sangatlah sederhana dan pembuatannya dilakukan secara higenis serta akan dijual dengan harga yang dapat dijangkau semua kalangan, tentunya hal ini akan bisa menarik minat masyarakat. KUE KERING ini menyediakan beberapa aneka rasa, kreasi, meskipun bentuknya mudah ditiru. Biasanya KUE KERING ini dapat disajikan diacara tertentu maupun acara-acara lainnya. Rasanya yang akan membuat anda ketagihan dan bentuknya yang selalu indah dipandang.

 

Kualitas KUE KERING akan lebih tahan lama tanpa bahan pengawet apapun, yang memiliki rasa lezat, enak, nikmat dan bentuk kreasinya yang selalu memikat hati pelanggan. Adanya beberapa potensi yang dibahas sebelumnya diatas, maka saya ingin membuat makanan ringan, yaitu usaha makanan “KUE KERING” untuk dikembangkan menjadi usaha yang cukup besar sehingga masyarakat sekitar senantiasa selalu mengingat makanan ini.

 

B.  Visi

Menjadikan kue kering yang mampu mencapai dan menembus hingga kepasaran secara global, yang produknya sangat berkualitas dan juga higenis dan lebih tahan lama tanpa memakai bahan pengawet apapun.

 

C. Misi

-      Membuat kue kering yang beraneka rasa, bentuknya yang kreasi dan higenis.

-      Memasarkan kue kering kebeberapa tempat.

-      Menyiapkan beberapa outlet kue kering di beberapa tempat yang ramai.

-      Memberikan kue kering yang berkualitas tinggi.

 

 

 

 

D.  Analisa Peluang Usaha

     1)  Streigh (kekuatan)

    Dari usaha toko kue kering yg saya lakukan, memiliki beberapa kekuatan, yaitu:

-    mempunyai banyak aneka rasa yang enak dan memiliki berbagai bentuk kreasi yang sangat unik, supaya anak-anak juga suka untuk mengonsumsinya.

 

-   kualitasnya yang sangat terjangkau, karena kami membuat kue kering ini dengan cara higenis agar tetap bersih .

 

-   kami juga menjual kue kering ini untuk semua kalangan masyarakat.

 

-   harga yang kami berikan juga sangat terjangkau dan bersahabat dengan masyarakat.

 

     2)  Wreakness (kelemahan)

Kelemahan-kelemahan dari usaha kue kering kami, diantaranya:

·         kue kering yg kami buat tidak tahan lama, kurang lebih 3 bulan saja sudah sedikit rusak atau menjamur, karena kami tidak memakai bahan pengawet apapun.

·         kering kami juga mudah ditiru dan banyak dijumpai berbagai pasar manapun, karena banyak juga yang membuat usaha kue kering.

·         kami belum mempunyai bentuk kreasi/rasa terbaru, karena karyawan kami belum profesional atau masih tahap pembelajaran.

·         kue ini jika sudah terkena sinar matahari yang sangat lama warnanya akan memudar, maka dari itu kue kering yg kami buat tidak tahan terhadap sinar matahari.

·         jika harga bahan-bahan naik, otomatis juga harga kue kering ini juga ikut naik.

 

    3)  Oppurtunity(peluang)

Usaha kue kering ini juga mempunya peluang, diantaranya:

-    menerima pesanan kue kering untuk acara-acara tertentu misal arisan, acara keluarga, dll.

-   saat hari raya idul fitri pasti banyak yg membutuhkan parsel untuk diberikan kepada saudaranya maupun temannya dengan niat bersilahturahmi, maka dari itu kami menyediakan kue kering dengan berbagai macam rasa dalam bentuk parsel.

-     kebiasaan orang-orang untuk mengonsumsi kue kering maka kita tidak membuat pada hari raya idul fitri saja, tetapi juga membuat pada hari-hari biasa.

 

4)  Threat(ancaman)

Setiap usaha memiliki berbagai ancaman, inilah ancaman saya:

-    banyaknya yang menjual produk kue kering dengat harga yang sangat murah, supaya barangnya cepat laku.

-     munculnya kue kering yang berada dipasaran dengan menggunakan bahan pengawet , agar ketahanan pada kue kering lebih tahan lama lagi.

-    adanya pedagang-pedagang yang menjual kue kering dengan cara berkeliling.

 

-     kejenuhan konsumen terhadap produk kami karena kurang bervariasi lagi, maka dari itu produk kue kering kami butuh variasi yg lebih baik lagi agar konsumen tertarik dengan produk kami.

 

E.  Marketing Mix

     a)  Produk

v produk merupakan barang yang dijual belikan kepada konsumen yang biasanya dikonsumsi , digunakan, ataupun dipakai.

v spesifikasi:

Ø  bentuknya bermacam-macam ada bentuk bunga,lonjong,persegi panjang,bulat,dll.

Ø  warnanya ada kuning,coklat,merah,putih,dll.

Ø  komposisi terdiri dari:tepung terigu,telur,keju,susu bubuk,mentega,dll.

 

v varian:

KASTANGEL

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtLiUtO6Zu3umxYXSdL8lDfcPVY4QEpyWaMvX7fX7zmJyEkXlHKuBJw3MEwbM6MTDowyCDA5VFspO5F0bmb5G-QfLk_VyeQmy8XhddZW1l57Y3jxG78GmcglERj0rMNPIemXSRoUPWHEE/s1600/IMG-20140506-00208.jpg

“kue kering yang satu ini mempunyai rasa keju yang sangat terasa, yang berbentuk persegi panjang dan diatasnya ditaburi dengan parutan keju. Kue ini memang paling banyak disukai para konsumen, karena kue ini sangat renyah dan terasa kejunya saat dimakan”.

 

KACANG

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiueIcs7MDtOV3N4cCODG4u-wt6ehf6Sx3QalNJMG3oiQ3SqWWD4LwrM3QLvx4vVY8MNoaQJWWZz-x0WUOzqImMIvdoo95djUWr5b3fYO-nnwgroELJ9Jhvh9p9rcAB3TGHOeiuv2ewXc8/s1600/IMG-20140506-00206.jpg

“kue ini tentunya rasanya kacang, karena kita membuat kue ini dengan membuthkan kacang yang agak banyak. Rasanya yang manis, dan tentunya bearoma kacang. Mungkin jika ada yang pecinta kacang bisa saja makan kue yang satu ini”.

 

PUTRI SALJU

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizxuBDU4Kc2TZkt7EtOqAor_pxMU3BQULphaNCzJWccrnY8SX6UdHi1HkCWzkdeodYFXquAnOOGVVkQVCpWognPFaRNBSA0Z5GzIKMTnGxIYMbzETJxQVq1YtUH0WSxh1wQTFQ6AnSbog/s1600/IMG-20140506-00207.jpg

“kue ini rasanya memang sangat manis dan renyah saat dimakan. Karena kue ini juga ditaburi dengan gula es. Kue putri salju ini berbentuk sedikit lonjong. Tetapi jika ingin mengambil kue ini harus hati-hati, karena kue ini mudah remuk jika dipegang”.

 

     Price

Harga adalah nilai suatu barang yang diukur dengan uang. Produk kue kering milik kami ini memang harganya sangat terjangkau, berkualitas dan pas dikantong para konsumen.

Adapun daftar harga kue kering kami sebagai berikut:

Kastangel: Rp. 22.000;

Kacang: Rp. 20.000;

Putri salju: Rp. 20.000;

 

     Place

Kami menyajikan dan membuat kue kering secara langsung ditoko kami. Kami juga menitipkan kue kering kami dibeberapa tempat seperti mall,toko oleh2, dll. Kue kering kamu sudah sedikit tersebar dimana-mana dan lumayan dikenal oleh masyarakat.

 

     Promotion

Promosi adalah suatu tindakan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk kita kepada pasar sasaran.



PERHITUNGAN MODAL

 

Untuk memperlancar kegiatan usaha, diperlukan adanya modal baik yang berupa barang maupun jasa.

Kebutuhan modal terbagi atas:

      Modal kerja

a. bahan baku:

-margarin 375gr                                                                     Rp. 3.000

-tepung terigu 475gr                                                              Rp. 3.500

-telur 7butir                                                                            Rp. 7.000

-susu bubuk 2sdm                                                                  Rp. 1.000    +

                                                                                               Rp. 14.500

  b. Bahan penolong:

-keju 175gr                                                                            Rp. 20.000

-kacang 100gr                                                                        Rp.   8.800   +

                                                                                               Rp.  43.300

 c. Tenaga kerja:

4 orang (15.000)                                                                    Rp.  60.000   +

                                                                                               Rp. 103.300

2. Modal investasi:

-open                                                                                     Rp. 250.000

-mixer                                                                                    Rp.  15.000

-loyang                                                                                  Rp.  12.000

-cetakan                                                                                 Rp.   2.000

-gas                                                                                        Rp.  17.000

-kompor                                                                                 Rp. 150.000  +

                                                                                               Rp. 549.300

 

F. Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas maka kesimpulan yang dapat digambarkan mengenai proposal usaha makanan ringan ini yaitu kue kering bahwa agar produk yang akan dipasarkan ini bisa diterima oleh seluruh kalangan, sebaiknya kita harus mengetahui dan melakukan beberapa hal, yakni:

-  Membuat produk yang berkualitas, laris dan bermanfaat untuk dijual dengan harga yang mampu bersaing.

-   Membuat desain atau cover produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga terjangkau

-  Membuat produk yang bisa lebih cepat dan tentunya tahan lama (paling lama 3 bulan)

-   Menentukan wilayah pemasaran yang strategis sehingga bisa bersifat menguntungkan.

 

Comments

Popular posts from this blog

KUMPULAN CERITA RAKYAT DALAM BAHASA INGGRIS

soal sejarah kelas 11 semester 1

CONTOH DOKUMEN LITERAL DAN KORPORIL