PROPOSAL KUE KERING
LEMBAR PENGESAHAN
JUDUL PROPOSAL : KUE KERING
NAMA SISWA : SYAIFUL RAHIM
KELAS/JURUSAN : XII PEMASARAN
DIGUNAKAN
SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN KOMPETENSI PRODUKTIF JURUSAN PEMASARAN.
Proposal ini telah disetujui dan disahkan pada :
Hari :Senin
Tanggal :8 April 2019
Kepala Program Keahlian Pemasaran Pembimbing
Drs.
Sri Nurdiana, S.Pd DiyahSafitri,
SE
Nip. 196605031995122004
Nip.197609242009032001
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1
Kotabaru
Drs. Sugiyatno, M.Si
Nip. 196207201987031013
KATA PENGANTAR
Ucapan
puji-puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah
kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami bersyukur, kami meminta ampunan dan kita
meminta pertolongan.
Dengan
hormat serta pertolongan-Nya, puji syukur, pada akhirnya saya dapat menyelesaikan proposal dengan judul “Produk Usaha Kue Kering” dengan
lancar. saya pun menyadari dengan sepenuh hati bahwa tetap terdapat kekurangan
pada proposal ini.
Oleh
sebab itu, saya sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap
pembaca untuk materi evaluasi saya mengenai penulisan proposal berikutnya. saya
juga berharap hal tersebut mampu dijadikan cambuk untuk saya supaya kami lebih
mengutamakan kualitas proposal di masa yang selanjutnya.
DAFTAR
ISI
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………..i
KATA PENGANTAR ……………………………………………………..ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..iii
PROPOSAL USAHA ……………………………………………………….1
A. LATAR BELAKANG ……………………………………………..1
B. VISI ……………………………………………………………….1
C. MISI ………………………………………………………………1
D. ANALISIS PELUANG USAHA ………………………………………2
E. MARKETING MIX ………………………………………………..3
F. KESIMPULAN ……………………………………………………5
PROPOSAL
USAHA
A. Latar Belakang
Dalam menjual sebuah bisnis hal yang
perlu kita perhatikan secara seksama bahwa saat kita memulai sebuah rintisan
usaha maka peluang pasar dan cara menggaet pelanggan atau penjual. Kita perlu
ketahui juga dengan menyingkirkan adanya rasa malu, takut menghadapi kegagalan
serta munculnya perang batin. Maka dari itu, kita perlu ingat dan jangan sampai
terlupakan bahwa kita ini harus siap menghadapi segala resiko yang akan
terjadi, dimana resiko bisnis itu seperti adanya keuntungan dan kerugian yang
kita peroleh. Oleh karena itu, lebih baik mencoba tetapi gagal dibandingkan
kita gagal dalam mencoba.
Pada konsep pemasaran ternyata ada
banyak sekali bentuk beserta jenis keaneka ragaman makanan yang kecil hingga
yang besar. Tak ketinggalan pula dari sisi harga yaitu mulai yang murah sampai
yang mahal.
Salah satu makanan yang cukup banyak
dijual, sekaligus makanan ringan yang cukup istimewa. Makanan itu bernama “KUE
KERING”. Untuk membuat makanan ini sangatlah sederhana dan pembuatannya
dilakukan secara higenis serta akan dijual dengan harga yang dapat dijangkau
semua kalangan, tentunya hal ini akan bisa menarik minat masyarakat. KUE KERING
ini menyediakan beberapa aneka rasa, kreasi, meskipun bentuknya mudah ditiru.
Biasanya KUE KERING ini dapat disajikan diacara tertentu maupun acara-acara
lainnya. Rasanya yang akan membuat anda ketagihan dan bentuknya yang selalu
indah dipandang.
Kualitas KUE KERING akan lebih tahan
lama tanpa bahan pengawet apapun, yang memiliki rasa lezat, enak, nikmat dan
bentuk kreasinya yang selalu memikat hati pelanggan. Adanya beberapa potensi
yang dibahas sebelumnya diatas, maka saya ingin membuat makanan ringan, yaitu
usaha makanan “KUE KERING” untuk dikembangkan menjadi usaha yang cukup besar
sehingga masyarakat sekitar senantiasa selalu mengingat makanan ini.
B. Visi
Menjadikan kue kering yang mampu
mencapai dan menembus hingga kepasaran secara global, yang produknya sangat
berkualitas dan juga higenis dan lebih tahan lama tanpa memakai bahan pengawet
apapun.
C. Misi
- Membuat
kue kering yang beraneka rasa, bentuknya yang kreasi dan higenis.
- Memasarkan
kue kering kebeberapa tempat.
- Menyiapkan
beberapa outlet kue kering di beberapa tempat yang ramai.
- Memberikan
kue kering yang berkualitas tinggi.
D. Analisa Peluang Usaha
1) Streigh (kekuatan)
Dari usaha toko kue kering yg saya lakukan, memiliki beberapa kekuatan,
yaitu:
- mempunyai
banyak aneka rasa yang enak dan memiliki berbagai bentuk kreasi yang sangat
unik, supaya anak-anak juga suka untuk mengonsumsinya.
- kualitasnya yang
sangat terjangkau, karena kami membuat kue kering ini dengan cara higenis agar
tetap bersih .
- kami juga menjual
kue kering ini untuk semua kalangan masyarakat.
- harga yang kami
berikan juga sangat terjangkau dan bersahabat dengan masyarakat.
2) Wreakness (kelemahan)
Kelemahan-kelemahan dari usaha kue
kering kami, diantaranya:
·
kue kering yg kami buat tidak tahan
lama, kurang lebih 3 bulan saja sudah sedikit rusak atau menjamur, karena kami
tidak memakai bahan pengawet apapun.
·
kering kami juga mudah ditiru dan
banyak dijumpai berbagai pasar manapun, karena banyak juga yang membuat usaha
kue kering.
·
kami belum mempunyai bentuk
kreasi/rasa terbaru, karena karyawan kami belum profesional atau masih tahap
pembelajaran.
·
kue ini jika sudah terkena sinar
matahari yang sangat lama warnanya akan memudar, maka dari itu kue kering yg
kami buat tidak tahan terhadap sinar matahari.
·
jika harga bahan-bahan naik,
otomatis juga harga kue kering ini juga ikut naik.
3) Oppurtunity(peluang)
Usaha kue kering ini juga mempunya
peluang, diantaranya:
- menerima
pesanan kue kering untuk acara-acara tertentu misal arisan, acara keluarga,
dll.
- saat hari raya
idul fitri pasti banyak yg membutuhkan parsel untuk diberikan kepada saudaranya
maupun temannya dengan niat bersilahturahmi, maka dari itu kami menyediakan kue
kering dengan berbagai macam rasa dalam bentuk parsel.
- kebiasaan
orang-orang untuk mengonsumsi kue kering maka kita tidak membuat pada hari raya
idul fitri saja, tetapi juga membuat pada hari-hari biasa.
4) Threat(ancaman)
Setiap usaha memiliki berbagai
ancaman, inilah ancaman saya:
- banyaknya
yang menjual produk kue kering dengat harga yang sangat murah, supaya barangnya
cepat laku.
- munculnya
kue kering yang berada dipasaran dengan menggunakan bahan pengawet , agar
ketahanan pada kue kering lebih tahan lama lagi.
- adanya
pedagang-pedagang yang menjual kue kering dengan cara berkeliling.
- kejenuhan
konsumen terhadap produk kami karena kurang bervariasi lagi, maka dari itu
produk kue kering kami butuh variasi yg lebih baik lagi agar konsumen tertarik
dengan produk kami.
E. Marketing Mix
a) Produk
v produk merupakan barang yang
dijual belikan kepada konsumen yang biasanya dikonsumsi , digunakan, ataupun
dipakai.
v spesifikasi:
Ø bentuknya
bermacam-macam ada bentuk bunga,lonjong,persegi panjang,bulat,dll.
Ø warnanya ada
kuning,coklat,merah,putih,dll.
Ø komposisi terdiri
dari:tepung terigu,telur,keju,susu bubuk,mentega,dll.
v varian:
KASTANGEL
“kue kering yang satu ini mempunyai
rasa keju yang sangat terasa, yang berbentuk persegi panjang dan diatasnya
ditaburi dengan parutan keju. Kue ini memang paling banyak disukai para
konsumen, karena kue ini sangat renyah dan terasa kejunya saat dimakan”.
KACANG
“kue ini tentunya rasanya kacang,
karena kita membuat kue ini dengan membuthkan kacang yang agak banyak. Rasanya
yang manis, dan tentunya bearoma kacang. Mungkin jika ada yang pecinta kacang
bisa saja makan kue yang satu ini”.
PUTRI SALJU
“kue ini rasanya memang sangat manis
dan renyah saat dimakan. Karena kue ini juga ditaburi dengan gula es. Kue putri
salju ini berbentuk sedikit lonjong. Tetapi jika ingin mengambil kue ini harus
hati-hati, karena kue ini mudah remuk jika dipegang”.
Price
Harga adalah nilai suatu barang yang
diukur dengan uang. Produk kue kering milik kami ini memang harganya sangat
terjangkau, berkualitas dan pas dikantong para konsumen.
Adapun daftar harga kue kering kami
sebagai berikut:
Kastangel: Rp. 22.000;
Kacang: Rp. 20.000;
Putri salju: Rp. 20.000;
Place
Kami menyajikan dan membuat kue
kering secara langsung ditoko kami. Kami juga menitipkan kue kering kami
dibeberapa tempat seperti mall,toko oleh2, dll. Kue kering kamu sudah sedikit
tersebar dimana-mana dan lumayan dikenal oleh masyarakat.
Promotion
Promosi adalah suatu tindakan
perusahaan untuk mengkomunikasikan produk kita kepada pasar sasaran.
PERHITUNGAN MODAL
Untuk memperlancar kegiatan usaha,
diperlukan adanya modal baik yang berupa barang maupun jasa.
Kebutuhan modal terbagi atas:
Modal kerja
a. bahan baku:
-margarin
375gr Rp.
3.000
-tepung terigu
475gr Rp.
3.500
-telur
7butir Rp.
7.000
-susu bubuk
2sdm Rp.
1.000 +
Rp.
14.500
b. Bahan penolong:
-keju
175gr Rp.
20.000
-kacang
100gr Rp. 8.800 +
Rp. 43.300
c. Tenaga kerja:
4 orang
(15.000) Rp. 60.000 +
Rp.
103.300
2. Modal investasi:
-open Rp.
250.000
-mixer Rp. 15.000
-loyang Rp. 12.000
-cetakan Rp. 2.000
-gas Rp. 17.000
-kompor Rp.
150.000 +
Rp.
549.300
F. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas maka
kesimpulan yang dapat digambarkan mengenai proposal usaha makanan ringan ini
yaitu kue kering bahwa agar produk yang akan dipasarkan ini bisa diterima oleh
seluruh kalangan, sebaiknya kita harus mengetahui dan melakukan beberapa hal,
yakni:
- Membuat produk yang
berkualitas, laris dan bermanfaat untuk dijual dengan harga yang mampu
bersaing.
- Membuat desain
atau cover produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga terjangkau
- Membuat produk yang
bisa lebih cepat dan tentunya tahan lama (paling lama 3 bulan)
- Menentukan
wilayah pemasaran yang strategis sehingga bisa bersifat menguntungkan.
Comments
Post a Comment