MAKALAH NERACA PEMBAYARAN DAN NERACA PERDAGANGAN
Puji syukur penulis panjatkan kepada
Allah SWT, yang mana dengan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan
penulisan Makalah yang berjudul“NERACA PEMBAYARAN DAN NERACA
PERDAGANGAN” sebagai salah satu tugas sekolah.
Sholawat serta salamsemoga tetap
tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini penulis ingin
mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah memberikan dukungan dan bantuan
dalam penulisan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini
belumlah sempurna, karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami. Oleh
karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari
pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata penulis berharap semoga Makalah
ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi semua pihak yang
berkepentingan.
Semakin meluasnya globalisasi
membuat ketergantungan antar Negara semakin tinggi, Indonesia sebagai negara
yang menganut sistem perekonomian terbuka, keadaan dan perkembangan perdagangan
luar negeri serta neraca pembayaran internasional tidak bisa lepas dari hal-hal
yang sedang dan akan berlangsung di dalam percaturan ekonomi global. Keyakinan
bahwa perdagangan luar negeri akan memberikan sumbangan positif kepada kegiatan
ekonomi negara telah diyakini dikalangan ahli-ahli ekonomi.
Ahli-ahli
ekonomi yang hidup disekitar abad ke-16 dan ke-17 berpendapat bahwa perdagangan
yang lebih mengenai pentingnya peranan perdagangan luar negeri dalam
perekonomian. Situasi dan kecenderungan umum perekonomian dapat dipastikan akan
mempengaruhi perekonomian Indonesia. Perekonomian dunia yang lesu akan
melesukan pula perdagangan antar negara di dunia, termasuk Indonesia. Hubungan ekonomi
dengan luar negeri adalah bagian dari hubungan internasional secara luas, yang
mencakup juga hubungan politik, militer, pendidikan dan kebudayaan.
Bagi
negara sedang berkembang seperti Indonesia, terlebih dengan system ekonomi
terbuka, memungkinkan hubungan ekonomi dengan luar negeri terjadi. Hampir
setiap hari dalam surat kabar kita baca bagaimana hubungan-hubungan ekonomi
dengan luar negeri baik secara bilateral maupun multilateral itu
terjadi Hubungan ekonomi dengan luar negeri ini memberi pengaruh terhadap
perekonomian dalam negeri. Ada pengaruh buruk, tapi juga ada pengaruh
menguntungkan.
Hubungan
ekonomi internasional menyangkut transaksi barang, jasa modal, moneter, alat
pembayaran dan semuanya berpengaruh terhadap ekonomi dalam negeri.
a. Setiap
negara selalu berbeda bila ditinjau dari sumber daya alamnya,
b. Iklimnya,
letak geografisnya, penduduk, keahliannya, tenaga kerja, tingkat harga,
c. Keadaan
struktur ekonomi dan sosialnya. Perbedaan-perbedaan ini menyebabkan
d. Negara
yang satu dengan negara yang lainnya saling membutuhkan sehingga
e. Terciptalah
perdagangan internasional. Perdagangan internasional merupakan
f. Salah
satu aspek penting dalam perekonomian suatu negara, karena selain dapat
g. Memenuhi
kebutuhan dalam negeri, perdagangan internasional juga merupakan
h. Salah
satu sumber pendapatan
1. Apa
yang dimaksud dengan neraca perdagangan ?
2. Apa
yang dimaksud dengan neraca pembayaran?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Neraca
perdagangan
Neraca perdagangan ialah daftar
yang membandingkan antara jumlah nilai barang-barang yang diekspor dengan
jumlah nilai barang-barang yang diimpor oleh suatu negara dalam kurun waktu
tertentu, umumnya satu tahun.
Neraca perdagangan dikatakan
aktif jika jumlah nilai ekspor lebih besar daripada nilai impor, berarti neraca
perdagangan mengalami surplus. Neraca perdagangan dikatakn pasif jika nilai
ekspor lebih kecil daripada nilai impor, sehingga neraca perdagangan mengalami
defisit.
B.
Neraca
pembayaran
Neraca pembayaran ialah daftar
yang memberikan gambaran ringkas semua transaksi ekonomi internasional yang
dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah suatu negara dalam kurun waktu
tertentu, biasanya dalam kurun waktu satu tahun.
Hasil akhir dari tiap kegiatan
ataupun transaksi akan berbentuk sebuah laporan keuangan. Dalam ruang lingkup
perdagangan sebuah negara, laporan tersebut disebut neraca pembayaran.
Neraca pembayaran ialah catatan
sistematis tentang transaksi-transaksi internasional antarpenduduk suatu negara
dengan penduduk negara lain pada periode tertentu yang dinilai dengan uang.
Penyusunan neraca pembayaran
sebuah negara mesti didasarkan pada aturan yang telah ditetapkan IMF. Aturan
tersebut termuat dalam balance of payment textbook. Dalam neraca
pembayaran tersebut terdapat dua jenis transaksi, yakni transaksi debit yang
menimbulkan kewajiban pemayaran ke negara lain dan transaksi kredit yang
menimbulkan hak penerimaan dari negara lain.
C. Definisi ekonomi kreatif
Istilah
ekonomi kreatif belum muncul di masyarakat hingga tahun 2001. Sebelumnya
masyarakat sudah mengenal dengan istilah ekonomi pertanian, ekonomi industri,
dan ekonomi informasi tapi tidak ekonomi kreatif. Istilah ini baru mulai
dikenal orang ketika John Howkins meluncurkan buku hasil karangannya yang
membahas mengenai ekonomi kreatif pada tahun 2001. Dalam bukunya tersebut John
Howkins menjelaskan bahwa singkatnya definisi ekonomi kreatif adalah penciptaan
nilai berdasarkan hasil gagasan (the creation of value as a result of idea).
Konsep
ini tentu saja masih membingungkan banyak orang. Berdasarkan hasil wawancara
John Howkins dengan Donna Ghelfi dari WIPO (World Intellectual and Property
Organization) pengertian ekonomi kreatif secara garis besar adalah kegiatan
ekonomi di masyarakat yang berfokus pada perolehan gagasan karena gagasan ini
dianggap penting demi kemajuan masyarakat.
Lama
kelamaan konsep ekonomi kreatif yang diperkenalkan John Howkins mulai dipahami
dan dipraktikkan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Definisi ekonomi kreatif
ditulis secara jelas dalam cetak biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional
2009-2015. Di situ ditulis bahwa era ekonomi kreatif merupakan era ekonomi baru
setelah era ekonomi pertanian, industri, dan informasi. Ekonomi kreatif
mengandalkan pengetahuan yang dimiliki sumber daya manusia untuk menghasilkan
gagasan kreatif dan informatif yang merupakan faktor utama produksi.
Definisi
ekonomi kreatif dijabarkan lebih lengkap pada konferensi perdagangan dan
perkembangan yang diadakan PBB (United Nations Conference on Trade and
Development / UNCTAD) tahun 2010 yaitu konsep yang senantiasa berubah
berdasarkan kreativitas dan berpotensi memajukan pertumbuhan dan perkembangan
ekonomi. Jadi ekonomi kreatif meski hanya berupa ide dan kreativitas tetap bisa
menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan, mengembangkan kemajuan
teknologi, menumbuhkan kesadaran berinovasi, mengembangkan keragaman budaya
serta dapat meningkatkan kepedulian sosial.
D. Ciri-ciri Ekonomi Kreatif
Ekonomi
kreatif atau industri kreatif memiliki ciri khusus, yaitu menampilkan
keunggulan kreativitas dalam menghasilkan desain-desain kreatif yang melekat
pada produk barang/jasa yang dihasilkan. Ekonomi Kreatif merupakan pengembangan
ekonomi berdasarkan pada keterampilan, kreativitas dan bakat individu untuk
menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis,
sehingga menitikberatkan pada pengembangan ide dalam menghasilkan nilai
tambahan.
Ekonomi
kreatif atau industri kreatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Memiliki
unsur utama kreativitas, keahlian dan talenta yang berpotensi meningkatkan
kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual.
- Terdiri
dari penyediaan produk kreatif langsung kepada pelanggan dan pendukung
penciptaan nilai kreatif pada sektor lain yang secara tidak langsung
berhubungan dengan pelanggan.
- Siklus
hidup singkat, margin tinggi, keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi,
dan mudah ditiru.
Dalam
buku Pengembangan Industri Kreatif 2025, Departemen Perdagangan Republik
Indonesia (2008), jenis ekonomi kreatif dibagi menjadi 14 sektor industri atau
ekonomi kreatif, yaitu:
- Periklanan. Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan
menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan
distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: riset pasar, perencanaan
komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi
kampanye relasi public, tampilan iklan di media cetak (surat kabar,
majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster
dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame
sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau sampel, serta penyewaan
kolom untuk iklan.
- Arsitektur. Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya,
kontruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi baik secara
menyeluruh dari level makro (town planning, urban design, landscape
architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya;
arsitektur taman, desain interior).
- Pasar barang seni. Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan
langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi melalui lelang,
galeri, toko, pasar swalayan, dan internet, misalnya: alat musik,
percetakan, kerajinan, automobile, film indie-dokumenter, seni rupa dan
lukisan.
- Kerajinan (handicraft). Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang
dibuat dan dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal
sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang
kerajinan yang terbuat dari batu berharga, serat alam maupun buatan,
kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi),
kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan kapur. Produk kerajinan pada
umumnya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (bukan produksi
massal).
- Desain. Kegiatan
kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain
produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset
pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
- Fashion. Kegiatan
kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan
desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya,
konsultasi lini produk fesyen, serta distribusi produk fesyen.
- Film, video, dan fotografi. Kegiatan
kreatif yan terkait dengan kreasi produksi video, film dan jasa fotografi,
serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan
skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, eksibisi film.
- Permainan interaktif. Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi permainan
komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.
Subsektor permainan interaktif sebagai hiburan semata-mata tetapi juga
sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
- Musik. Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi,
dan distribusi dari rekaman suara atau lagu.
- Seni pertunjukan. Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi
pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian
kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur
musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan
tata pencahayaan.
- Penerbitan dan percetakan. Kegiatan
kreatif yang terkait dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal,
koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita
dan pencari berita. Subsektor ini juga mencakup penerbitan perangko,
material, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil, obligasi, surat
saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang, dan terbitan
khusus lainnya. Juga mencakup penerbitan foto-foto, grafir (engraving) dan
kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan dan barang
cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.
- Layanan komputer dan
piranti lunak.
Kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi
termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database,
pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem,
desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan
piranti keras serta desain portal termasuk perawatannya.
- Radio dan televisi. Kegiatan
kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan, acara
televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya),
penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk
kegiatan station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.
- Riset dan pengembangan. Kegiatan
kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu
dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan
produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru,
metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar
ternasuk yang berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan
bahasa, sastra, dan seni, serta jasa konsultasi bisnis dan manajemen.
A.
Simpulan
Neraca
Pembayaran adalah catatan yang berisi keseluruhan pembayaran oleh suatu Negara
dengan Negara lain karena adanya pembelian barang atau jasa dan keseluruhan
pembayaran dari Luar Negeri karena adanya penjualan barang atau jasa dalam
suatu waktu tertentu (biasanya satu tahun).
Neraca
pembayaran sangat berguna untuk menunjukan struktur dan komposisi transaksi
ekonomi dan posisi keuangan internasional dari suatu negara. BOP juga digunakan
sebagai suatu indikator dalam mempertimbangkan pemberian bantuan kepada suatu
negara. Jika dibandingkan dengan indikator lainnya seperti lajupertumbuhan PDB,
tingkat pendapatan per kapita, inflasi, suku bunga, dan nilai tukar mata uang
domestik maka BOP merupakan salah satu indikator yang fundamental.
Neraca
Pembayaran (Balance of Payment ) suatu negara dapat dijadikan ukuran seberapa
besar arus dana internasional yang masuk dan keluar dari negara tersebut,
karena neraca pembayaran merupakan potret keuangan atau kinerja keuangan yang
menggambarkan transaksi ekonimi penduduk suatu negara dengan negara lain pada
satu periode tertentu.
Neraca
perdagangan adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perbedaan
selisih antara ekspor dan impor.Neraca perdagangan bisa disebut dengan ekspor
NETO.Neraca perdagangan yang positif berarti negara tersebut mengalami ekspor
yang nilai moneternya melebihi impor yg bisa disebut surplus perdagangan.
Perdagangan internasional melibatkan berbagai transaksi ekonomi antara satu
negara dengan negara lain. Transaksi ekonomi tersebut kemudain dicatat dalam
bentuk neraca.Neraca perdagangan internasional merupakan salah satu komponen
penting dalam neraca pembayaran internasional.
Neraca
pembayaran dan neraca perdagangan merupakan hal terpenting dalam melakukan
kontrol kegiatan perekonomian internasional.Neraca pembayaran dan perdagangan
sangat berguna untuk mengumpulkan informasi perekonomian suatu negara sehingga
pelaku kegiatan ekonomi suatu negara tersebut dapat mengambil tindakan atau
langkah-langkah yang diperlukan dalam melakukan kegiatan ekonomi tingkat
internasional.
http://desiherawatikawaii.wordpress.com/2010/01/02/investasi-dan-hutang-luar-negri/
http://www.mailarchive.com/ekonominasional@yahoogroups.com/msg04985.html
http://rfmnikie28.blogspot.co.id/2015/06/neraca-perdagangan-internasional.html?m=1
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.
Jakarta: Depdag RI.
Simatupang, Togar. 2007. Ekonomi
Kreatif: Menuju Era Kompetisi dan Persaingan
Usaha Ekonomi Gelombang IV. Bandung: ITB.
Howkins, J. 2001. The Creative Economy: How
People Make Money from Ideas. London: Penguins Books.
Comments
Post a Comment